Selasa, 13 Januari 2009

Banjir lagi.... Banjir lagi...

Beberapa hari terakhir hujan mengguyur Jakarta dan daerah penyangga Jakarta terutama Bogor & Bekasi. Dua wilayah ini yang mengirim air ke Jakarta, khusus untuk Bogor biasanya mengirim debit air yang sangat banyak ini yang menyebabkan banjir di Jakarta terutama disepanjang bantaran kali Ciliwung.

Banyak orang yang mengumpat dan bilang kalau Bogor yang menyebabkan banjir di Jakarta tapi gak benar juga kalau bogor dipersalahkan karena pada dasarnya hukum alamnya " AIR AKAN MENGALIR KEDATARAN YANG LEBIH RENDAH ". Hukum alam kan gak bisa dijadikan dasar untuk mempersalahkan keadaan yang terjadi, tapi yang terjadi sekarang adalah akibat dari sesuatu yang telah terjadi. Sesuatu yang terjadi itu bisa dipastikan adalah ulah manusia, misalnya pembangunan yang tidak diatur sesuai kelestarian lingkungan, buang sampah diselokan / sungai, exploitasi lingkungan yang berlebihan, dll.

Beberapa tahun terakhir juga terkaji banjir yang yang disebabkan oleh air laut pasang atau biasa kita dengar dengan sebutan badai rob. Ini juga pasti terjadi karena banyak faktor tapi yang paling utama mempengaruhi pastilah ulah manusia. Semua itu bisa saja dicegah kalau ada kepedulian dari semua pihak baik pemerintah maupun rakyatnya.

Pemerintah bikin program kalau rakyat tidak mendukung yang gak akan jalan. Program pemerintah pun juga harus dilihat apa dampaknya dan bagaimana aparat yang menjalankan. Khusus untuk banjir diJakarta dengan molornya pembangunan Banjir Kanal Timur bisa jadi itu yang akan memperparah banjir tahun ini.

Semoga banjir kali ini tidak lebih parah dari yang warga Jakarta pernah alami. Untuk warga Jakarta waspalah karena bencana banjir sedang mengintai.

" Kalau Air Laut Saja Naik Kedarat, Bagaimana Air Yang Dari Darat Mau Mengalir Kelaut "


Tidak ada komentar: