Minggu, 30 November 2008

"Stop AIDS. Tepati Janji"

Hari ini tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Tema hari AIDS Sedunia 2007 dan 2008 adalah "kepemimpinan". Tema tersebut akan terus dipromosikan bersama dengan slogan " Stop AIDS. Tepati Janji ".

Hari AIDS Sedunia diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Maka sejak saat itu mulai diperingati Hari AIDS sedunia oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember diharapkan menjadi momentum bagi seluruh pemuda Indonesia untuk merubah perilaku yang beresiko kepada yang tidak beresiko guna memutus mata rantai penularan virus HIV. Karena sebagian besar pengidap virus HIV adalah pemuda yang sedang dalam usia produktif.

Untuk itu para pemuda harus menyadari bahwa perilaku beresiko sangat potensial bagi terjadinya penularan virus HIV. Karenanya perilaku yang demikian itu harus segera diubah agar terhindar dari ancaman penularan virus yang belum ditemukan obatnya ini. Kesadaran dari semua pihak ini yang sangat diperlukan untuk mengatasi penyebaran dari virus tersebut.

Bagi pemuda yang belum terjebak dalam penyimpangan perilaku yang berpotensi menularkan HIV, harus benar-benar berhati-hati dan tetap dalam perilaku yang baik. Untuk itu untuk kalangan muda jangan sampai terjebak dalam perilaku negatif yang memberikan kesenangan sesaat dan selanjutnya beresiko mendatangkan kesengsaraan seumur hidup dengan terinfeksi HIV.

Bagi yang sudah terlanjur berperilaku beresiko segeralah merubah sikap dengan menghentikan perilaku tersebut agar terbebas dari kemungkinan terinfeksi virus mematikan itu. Hidup sangat berarti jadi jangan sia-siakan hidup.

Tidak ada komentar: