Jumat, 23 Mei 2008

Kemana Hilangnya Budaya Malu Itu……

Sepertinya budaya malu dinegara ini sudah benar-benar hilang, hampir setiap hari kita melihat baik secara langsung maupun melalui media banyak tindakan-tindakan yang memalukan dinegara ini. Dan yang lebih memilukan sepertinya orang bangga melakukan hal-hal yang memalukan itu.

Disekitar kita sering kita melihat tindakan yang memalukan, misalnya : orang buang sampah sembarangan padahal didekatnya ada tempat sampah, orang kencing dibawah pohon padahal itu ada dipinggir jalan, orang nyebarang jalan padahal ada jembatan penyebrangan tapi malah nyebrang dibawah jembatan penyebrangan, orang naik motor tidak pakai helm padahal helm untuk keselamatan dirinya sendiri, dan masih banyak lagi kalau disebutin sepertinya tidak akan ada habisnya.

Yang dimedia masa lebih parah lagi kalau kita melihat berita ditelevisi dan membaca disurat kabar / situs internet banyak sekali berita-berita yang kalau kita baca menjadikan kita malu. Dan untuk berita-berita yang dimuat dimedia masa lebih banyak melibatkan public figure, mestinya mereka memberi contoh baik tetapi kenapa mereka bisa melakukan tindakan-tindakan memalukan itu.

Mungkin hanya dinegara kita ini sebuah organisasi besar dibidang olahraga yang dipimpin dari balik jeruji besi dan yang lebih memalukan lagi pimpinan itu masih didukung sebagian besar pengurus organisai itu. Yang lebih parah lagi induk organisasi diatasnya sepertinya tidak peduli dengan hal itu padahal induk organisasi internasional sudah member ultimatum supaya pimpinan tersebut. Bagaimana cabang olahraga tersebut bisa meraih prestasi yang bagus kalau pimpinannya saja seperti itu?

Didunia hiburan juga terjadi banyak tindakan yang memalukan misalnya artis pakai narkoba, kawin cerai, kumpul kebo dll. Mungkin yang melakukan hal itu tidak banyak tapi karena mereka ada disekitar media maka beritanya menjadi suatu hal yang semestinya memalukan baik bagi sipelaku maupun bagi orang yang berkecimpung didunia yang sama dengan sipelaku.

Dibirokrasi sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa ditempat tersebut banyak dan mungkin bisa dikatakan setiap saat terjadi hal memalukan itu, tanpa disebut sekalipun pasti kita semua sudah tahu apakah hal memalukan itu.

Masih banyak lagi tindakan-tindakan yang memalukan yang terjadi disekitar kita, jadi marilah kita mencoba untuk mawas diri dan memulai untuk memanamkan rasa malu dihati kita sebelum melakukan suatu tindakan / perbuatan.



Tidak ada komentar: