Selasa, 20 Mei 2008

100 tahun Kebangkitan Nasional, Indonesia Bisa

Apa maksud dari slogan itu ? Mungkin karena saya orang bodoh hingga saya mempertanyakan slogan itu tapi saya mempertanyakan karena saya tidak tau apa yang dimaksud oleh slogan itu.

Menurut saya sih Indonesia memang bisa, karena memang sudah banyak yang terjadi pada bangsa ini dan bisa dilewati tetapi lebih banyak yang terlewatkan oleh bangsa ini yang belum bisa diatasi oleh bangsa ini. Bukan hanya pemerintah tetapi semua element masyarakat yang gagal untuk mengatasi banyak masalah yang terjadi pada bangsa ini.

Untuk pemerintah mesti membuat master plan yang lebih jelas untuk jangka panjang dalam mengurus bangsa ini, tidak hanya reaksi spontan apabila terjadi masalah. Mestinya ada rencana jangka pendek, menengah & panjang untuk mengurus bangsa sebesar Indonesia ini. Untuk warga bangsa ini juga sudah semestinya ikut mengatasi dan memajukan bangsa ini sesuai dengan keahlian masing-masing individu.

Untuk saat ini ada 3 krisis besar yang dihadapi Negara ini yaitu: krisis pangan, krisis energy & krisis pendidikan. Krisis pangan harusnya tidak terjadi pada bangsa ini apabila bangsa ini bisa mengurus potensi pangan yang ada dibangsa ini karena bangsa ini adalah bangsa agraris. Krisis energy mestinya juga tidak terjadi seandainya bangsa ini tidak salah urus masalah energy karena wilayah bangsa ini menyimpan potensi energy yang melimpah. Krisis pendidikan sekali lagi ini terjadi karena masalah salah urus, kalo sektor ini diurus dengan baik dan bener maka bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar karena penduduknya yang pintar akan membuat kehidupan warga bangsa ini menjadi lebih makmur sesuai cita-cita dan amanat kemerdekaan.

Apakah bangsa ini bisa paling tidak mengatasi 3 krisis besar itu dan membuat masterplan jangka panjang demi mewujudkan slogan Indonesia bisa ???

Tidak ada komentar: